Buka Orientasi dan Pembekalan CPNS, Wali Kota Kupang Ingatkan Peserta Untuk Disiplin dan Loyal

NTT AKTUAL. KOTA KUPANG. Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM., MH, membuka kegiatan orientasi dan pembekalan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Kupang formasi tahun 2021 tahun anggaran 2022. Kegiatan berlangsung di Aula Sasando Lantai III, Kantor Walikota Kupang, Senin (20/06/2022).

Turut hadir mendampingi Wali Kota, Sekretaris Daerah Kota Kupang, Fahrensy P. Foenay, SE., MM., Kepala BKPPD Kota Kupang A.D.E Manafe S.IP., M.Si. Staf Ahli Walikota Kupang Bidang kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, dr. Ari Wijana, M.Si dan Staf Ahli Wali Kota Kupang bidang Ekonomi dan Pembangunan, Maria M. Detaq, S.IP.

Dalam arahannya Wali Kota menekankan kepada CPNS peserta orientasi tentang pentingnya mengedepankan kedisiplinan, loyalitas dan taat pada atasan. Menurutnya kegiatan orientasi sangat penting bagi seorang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebagai langkah awal yang harus dilalui untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada lingkup Pemerintah Kota Kupang, serta memastikan bahwa CPNS berada pada trek yang benar dan bisa menyesuaikan dengan keadaan atau aturan-aturan terbaru yang ada pada Pemerintahan Kota Kupang.

Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM., MH, saat membuka kegiatan orientasi dan pembekalan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Kupang formasi tahun 2021 tahun anggaran 2022, bertempat di Aula Sasando Lantai III, Kantor Wali Kota Kupang, Senin (20/06/2022). Dokumentasi : Prokompim Setda Kota Kupang

Wali Kota yang akrab disapa Jeriko ini juga menyampaikan bahwa para CPNS yang hari ini mengikuti orientasi patut berbangga dengan capaian yang diraih. Dari ribuan orang yang mengikuti seleksi, mereka menjadi orang-orang terpilih. “Anda terpilih karena anda mampu dan punya kapabilitas. Karena itu pertahankan itu dalam pengabdian pada daerah dan masyarakat Kota Kupang,” imbaunya.

Mantan Anggota DPR RI itu juga mengingatkan tentang aturan baru yang diterbitkan Presiden yang memperbolehkan PNS dipecat jika tidak disiplin dan melanggar aturan. “Jangan karena mentang-mentang sudah lulus lalu masuk seenaknya saja. Makanya anda perlu diorientasi agar disiplin dan mengetahui tata cara atau prosedur menjadi PNS,” tegasnya. Dia juga menekankan tentang pentingnya kreativitas dalam tugas dan pelayanan. Para CPNS juga diminta untuk menjunjung tinggi profesionalisme dalam bekerja dan belajar untuk menyesuaikan dengan keadaan di lingkungan kerja, serta menunjukkan karakter sebagai orang terpilih yang disiplin dan punya integritas.

Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Kupang, Eirene Margareta Jusuf, S.Pt.,M.Sc, dalam laporannya menyampaikan peserta kegiatan orientasi dan pembekalan sebanyak 184 orang yang terdiri atas 166 CPNS tenaga kesehatan dan 18 orang CPNS tenaga teknis. Kegiatan berlangsung selama 3 hari sejak Senin (20/06/2022) hingga Rabu (22/06/2022). (*PKP_sny)

Sumber berita + foto : Prokompim Setda Kota Kupang