Partai Demokrat Bantu Korban Badai Seroja dan Serap Aspirasi Warga Amfoang Tengah

NTT AKTUAL. KUPANG. DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang kembali menyerahkan bantuan untuk korban badai seroja di Kecamatan Amfoang Tengah, Rabu (12/05/2021). Dalam kesempatan tersebut Partai Demokrat mengunjungi empat desa, yakni Desa Fatumonas, Bitobe, Binafun dan Bonmuti.

Ketua DPC Partai Demokrat, Winston Neil Rondo memimpin langsung kegiatan tersebut, dirinya didampingi, Sekretaris DPC, Rudolf Pahnael, Bendahara DPC Feby Sinlaeloe, anggota Fraksi Partai Demokrat, DPRD Kabupaten Kupang Ursula Totos Bela bersama pengurus DPC dan Ketua PAC Amfoang Tengah. Menurut Winston, bantuan kemanusiaan ini merupakan bentuk kepedulian Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurthi Yudhoyono (AHY) untuk korban bencana di NTT.

Rombongan DPC Partai Demokrat diterima Camat Amfoang Tengah, Udin Bureni, dsn secara langsung turut mendampingi Pengurus Partai Demokrat di Fatumonas untuk membagikan paket bantuan. Total bantuan yang diserahkan Partai Demokrat adalah 70 paket, bantuan tersebut adalah, beras, mie instan, gula pasir, masker dan vitamin c.

Camat Amfoang Tengah, Udin Bureni dalam sambutannya menyampaikan bahwa situasi bencana yang dihadapi masyarakat Amfoang Tengah karena angin kencang yang merusak rumah dan lahan pertanian, “di sejumlah desa, misalnya di Desa Bitobe, Binaus dan Bonmuti ada sungai yang meluap dan airnya membawa ternak dan merusak lahan pertanian,”ujar Bureni.

Lanjutnya, langkah yang dilakukan Pemerintah di Kecamatan adalah terus memberikan laporan pendataan masyarakat yang terdampak, baik itu kerusakan rumah maupun lahan pertanian kepada Pemerintah Kabupaten. Bureni juga mengapresiasi kehadiran Partai Demokrat di Amfoang Tengah, Karena Partai besutan AHY ini selalu hadir, baik dalam masa pandemi covid maupun dalam situasi bencana, “Partai Demokrat adalah partai yang selalu hadir paling depan dalam menyapa warga dan memberikan bantuan,” tutup Bureni.

Proses pembagian bantuan di Amfoang Tengah benar-benar dimanfaatkan warga, bukan hanya dalam menerima bantuan tetapi menyampaikan aspirasi mereka, di Desa Bitobe misalnya, salah satu tokoh agama, yakni pendeta di wilayah tersebut menyampaikan bahwa salah satu mata jemaat, yakni rumah ibadahnya mengalami kerusakan karena angin kencang yang menimpa, selain itu dirinya juga mewakili masyarakat setempat menyampaikan harapan untuk mengembangkan pariwisata dan pertanian mandiri disekitar observatorium Timau yang saat ini tengah dibangun pemerintah. Tokoh agama tersebut berharap agar Partai Demokrat ikut memberi dukungan melalui fraksinya di DPRD.

Hal yang sama juga dilakukan saat Partai Demokrat melakukan ngopi sore dengan masyarakat di Dusun Fatululan, Desa Fatumonas, masyarakat setempat bercerita bahwa dengan dukungan pengusaha setempat, mereka berhasil membuka jalan yang melintasi dusun mereka. Warga setempat juga bercerita tentang harapan masyarakat ke depan agar pemerintah memperhatikan kebutuhan air bersih melalui pembangunan embung, agar bisa mengembangkan lahan pertanian.

Sementara itu Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang, Winston Neil Rondo mengatakan bahwa kehadiran Partai Demokrat dalam setiap suka dan duka masyarakat merupakan tugas dan tanggung jawab yang harus dijalankan sebagai amanat dari rakyat. Sehingga kesempatan berkunjung, berbagi dan menjaring aspirasi bersama warga Amfoang Tengah sangat perlu dilakukan oleh Partai Demokrat.

Dalam kesempatan jaring aspirasi warga, ada pesan-pesan para tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemerintah setempat agar Amfoang Tengah berdiri sejajar dengan daerah lainnya di Kabupaten Kupang, karena di daerah tersebut masih ada wilayah yang belum berlistrik, tidak ada signal HP dan beberapa persoalan lainnya di masyarakat, menurut Winston, pesan dan harapan tersebut menjadi inspirasi bagi Partai Demokrat dan partai politik lain untuk terus berjuang bagi Amfoang Tengah.

Menurut Winston, sekalipun dalam situasi pandemi, Partai Demokrat tetap bersemangat dan mempunyai komitmen yang tinggi untuk terus bersama rakyat dalam rangka pemulihan ekonomi masyakat pasca dilanda badai seroja. (*)

Sumber berita + foto : Siaran pers
DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang