NTT AKTUAL. KUPANG. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang menerapkan sejumlah langkah-langkah Preventif untuk menanggulangi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Kupang. Salah satu langkahnya yakni melalui abetisasi dan sosialisasi terus menerus baik melalui Puskesmas dan melalui RT dan RW pada lingkungan masing-masing.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati, kepada Media ini saat dirinya ditemui usai mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektor terkait, dalam rangka mengantisipasi peningkatan kasus DBD dan upaya penanggulangan DBD di Kota Kupang yang berlangsung di Aula rumah jabatan Walikota Kupang, Selasa (3/03/2020).

Retnowati menambahkan langkah preventif lainnya yang di lakukun oleh Dinas Kesehatan Kota Kupang yakni dengan aktif melakukan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk serta kegiatan kerja bakti pada hari Jumat dan Sabtu.

“Selain itu dalam menanggulangi DBD ini, Dinas Kesehatan Kota Kupang juga bekerjasama dengan Gerakan Peduli Sampah untuk melakukan pembersihan lingkungan setiap hari Sabtu, kemudian dari Puskesmas juga aktif membagiĀ  abate keliling kepada masyarakat,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini dirinya juga menganjurkan kepada masyarakat harus dapat menjaga lingkungan yang bersih dan selalu dapat membersihkan sampah-sampah yang berpotensi menampung air hujan untuk menghidari perindukan nyamuk itu sendiri, jelas Retnowati.

Dirinya berharap dengan langkah-langkah Preventif yang aktif dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Kupang ini dapat menekan penyebaran penyakit DBD di Kota Kupang, pungkasnya. (Red)

Penulis + Editor : Nataniel Pekaata