Kantor Perwakilan BI NTT Aktif Selenggarakan Pekan QRIS Nasional

NTT AKTUAL. KUPANG. Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sangat aktif menyelenggarakan pekan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Kota Kupang yang dimana Kota Kupang merupakan ibukota dari Provinsi NTT.

“Sejak tanggal 2 hingga tanggal 8 Maret 2020, kami aktif melakukan sosialisasi QRIS melalui Media cetak dan elektronik yaitu melalui TV, Radio dan juga Surat Kabar atau Koran,”

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja, kepada awak media dan wartawan dalam kegiatan Media Briefing Pekan QRIS Nasional 2020, yang berlangsung di Ruang Lasiana KPw BI NTT, Selasa (10/03/2020) sore.

Dalam kegiatan Media Briefing ini juga turut pula dihadiri Kepala Unit Pengawasan SP PUR dan KI BI NTT, NLP Sri Sandhi, Kepala Tim SP PUR dan Layanan Administrasi BI NTT, Eddy Junaedi.

Pada kesempatan ini Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja, menambahkan QRIS adalah standar nasional QR Code pembayaran yang ditetapkan oleh Bank Indonesia untuk memfasilitasi transaksi pembayaran di Indonesia. QRIS yang diluncurkan pada tanggal 17 Agustus 2019 (bertepatan dengan HUT RI ke-74) bertujuan untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi dalam rangka mewujudkan Indonesia Maju.

“Hingga 28 Februari 2020, secara nasional merchant yang sudah terdaftar dan memasang QRIS mencapai 2,7 juta merchant dan di Provinsi NTT sebanyak 10.533 merchant, sementara di Kota Kupang mencapai 3.041 merchant,” kata Ariawan.

Lanjutnya, dalam menyelenggarakan pekan QRIS Nasional 2020 di Kota Kupang, Kantor Perwakilan BI Provinsi NTT juga selalu aktif menyelenggarakan sosialisasi dan launching.

“Sosialisasi dan Launching pekan QRIS Nasional 2020 sudah dilakukan sejak tanggal 9 Maret 2020, dan kegiatan sosialisasi dan launching ini akan berlangsung hingga tanggal 14 Maret 2020,” ujar Ariawan Atmaja.

Pada acara puncak sosialisasi dan launching pekan QRIS Nasional 2020 yang akan berlangsung pada tanggal 14 Maret 2020 mendatang, Kantor Perwakilan BI Provinsi NTT akan menggelar kegiatan fun color run, dimana seperti yang direncanakan nantinya dalam kegiatan fun color run ini akan diikuti sebanyak 1.000 peserta dari seluruh unsur baik itu Pemerintah Daerah, TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), Perbankan dan masyarakat umum, jelasnya

“Salah satu hal istimewa dalam kegiatan fun colour run ini nantinya yaitu kami akan mendorong 1.000 orang peserta untuk memberikan donasi atau sumbangan bagi tempat-tempat ibadah baik itu untuk Kristen Protestan, Katolik, Islam, Hindu dan Budha,” ungkap Ariawan Atmaja.

Sehingga pada akhirnya event Pekan QRIS Nasional 2020 tidak hanya menjangkau merchant, pedagang dan pelaku-pelaku bisnis saja, tetapi juga menjangkau umat-umat bergama terutama pada tempat-tempat ibadah, pungkasnya. (Red)

Penulis + Editor : Nataniel Pekaata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *